Kamis, 27 Januari 2011

Indah untuk dikenang,.... namun enggan diulang

Buka-buka file waktu masi jadi taruna di kantor,dan untung aja ga ada anggota yg lewat.Soalnya kalo ada yg lewat dan liat,ada 2 kemungkinan yg ada di pikiran anggota2 :
1) pada mikir,..’ini bu arum dulu ko bisa lulus jadi polisi..apa ga ada tes keswa ya??..’
2) atau bisa juga mikir gini ‘tadi waktu berangkat ke kantor,kayaknya bu arum lewat tempat sepi deh,dan lupa ngucapin salam,makanya kesambettt : (..’.

In case,karena sayah ketawa2 sendiri trus tiba2 mendadak terharu dan berkaca-kaca liat foto2 jadul wktu taruna .Kalo ada yg komplen ,menganggap sayah drama queen dan deskripsi sayah ala alay,tolong…salahkan stasion tipi2 sekarang,soalnya sayah susah bedain mana sinetron ,mana berita.Jadinya,sayah sedikit banyak ketularan juga ^ ^.Well,sayah share pengalaman sayah dan juga foto2 waktu masih taruna ama temen2,biar jangan cuman sayah yg mengingat dan mengenang memori2 indah waktu itu (sedddeep banget bahasanya ^^).Pengalaman yang begitu indah untuk dikenang,tapi kira2 ..ingin mengulang kembali ga??? Kalo ada,yah situ aja yang ngulang ,sayah mah engga…he’eh,cukup,…cukup dikenang aja.Makasi deh kalo mau ngulang lagi…

Waktu itu,pertengahan tahun 2003,sewaktu pantokir pusat,di Semarang,Akpol.Detik-detik menjelang pengumuman,deg-degannya…ampun deh,itu tu rasanya,..hidup engga.mati juga engga,gemeter iyah,sakit perut iyah,pusing,trus mual,lengkap banget dah,untung aja engga mimisan.Puncaknya pas diumumin lulus,rasanya sweeeenneeeeengggg bangett…,kebayang juga engga jadi polisi.
Tapi,perasaan seneng itu cuman bertahan ga lebih dari 1 jam,eh engga 1 jam , , setengah jam aja,eh..engga juga sih ,15 menit…15 menit..Ga,ga… 1 menit aja!!Karena menit berikutnya sayah ,eh, kami ,calon taruna yg lulus sudah disambut oleh para pengasuh.Para pengasuh yang ga tau kenapa,seolah-olah bisa punya senyum yang seragam,senyum yang misterius sekaligus senyum yang bikin semua taruna sakit perut.

Masa basis,adalah masa yg berat sangat buat sayah : (.Kampus seluas itu,musti dikelilingin,pagi,siang,malem..lari lagi.Lengkap dengan ransel,senjata dan helm yang udah terbukti dari bataliyon terdahulu paling ampuh bikin degradasi kemampuan berpikir.Sayah,sebelum pake helm itu aja udah Pentium 1,ini pake helmnya 3 bulan lebih (eh,engga,lebih banget,sayah PDLT 2X hehehe).Yah,ga usah heranlah kalo kadang suka susah nyambung ngobrolnya.Untung senior-senior sayah pada maklum semua.

Tau cross country ,menembak, montenering (eh,bener ga nulisnya?), merayap tambang, tangga surga,Jumat agung,PDLT dan segudang istilah lainnya ya disini.Cross country,ini adalah kegiatan dimana taruna diharuskan melintasi suatu medan yang cukup berat yang kalo bisa, dilalui dengan berlari.Sebenernya ga perlu pake medan yang susah,lari pagi di kampus aja udah setengah matiii.Ada 1 teori yang muncul dalam benak sayah kala itu.Taruni,mau segimanapun cantiknya,probabilitasnya 1 : 100 yang punya betis Ken Dedes! ….Yah,mulai ngerti sih,mungkin cross country adalah salah satu faktor signifikan penyebab mewujudnya betis Ken Arok bagi taruni.Cross country juga,khususnya waktu masa basis,yang bikin sayah ingat,ternyata sepotong kecil gula Jawa,itu rasanya nikmaaaaatttttt bangetttt.Sama nikmatnya dengan 1 slice blueberry cheese cake deh pokoknya.Serius!!

Menembak.Dooohh….emang iya sih,selain frekwensi latihan,bakat juga diperlukan dalam menembak ini.Habis gimana coba ya??Udah sering banget latihan,terjadwal malah..Tapi ga tau kenapa ,sayah tiap kali menembak,dari 10 peluru yang ditembakkan,kayaknya yang pesiar 11 deh.Frustasi lahir batin dibuatnya. : (

Montenering (dengan ejaan yang disempurnakan oleh Arumsari).Pelajaran ini buat sayah enak pada waktu basis,setelah mengetahui fakta bahwa mayoritas pelatihnya berasal dari Gunung Kidul,tempat nenek sayah berasal.Kesamaan itulah yang membuat unsur premordialisme para pelatih muncul,sehingga mengikhlaskan sebagian kudapan/ snack pelatih untuk sayah makan.Terima kasih pelatihhh….^^.Saat basis,makanan apapun terasa nikmat bagi taruna,soalnya makanan bener-bener dibatasi.Ga dibatasi aja kemaruk,..kebayang dong kalo dibatesin???

Merayap tambang.Ini adalah pelajaran yang tidak akan sayah lupakan seumur hidup sayah.Ini adalah pelajaran yang membuat bibir sayah luka (bahasa sadisnya .. jontor : ( ).Baru merayap,belum juga 4 kali rayapan,udah jatuh,mending kalo pas di sungainya,eh,ini jatuhnya di bibir sungai…Ehmm..pas bangetkan?Passss banget.Gara-gara itu,sayah musti makan bubur selama 1 minggu,dan ga bisa makan cepet,karena kecepatan mengunyah sayah terhambat oleh kejontoran sayah tersebut.Pada waktu makan,awalnya sayah berpikir,teman2 sayah,khususnya yang laki-laki,begitu perhatian karena dengan sukarela duduk di dekat sayah.Ternyata baru sayah tau maksud lain yang terselubung di balik itu.Mereka nungguin jatah makan sayah yang pasti ga abisssssss.Dari bubur,lauk,ampe kerupuk,langsung ludes ama mereka.1 pelajaran lagi yang bisa diambil dari sayah,bagi taruna sewaktu basis,FOOD IS PRECIOUS.

Tangga Surga . Ini adalah sebuah tangga yang menjadi jalan pintas ketika seorang taruna mau menuju ke suatu tempat yang spesifik.Disebut tangga surga,bukan karena pemandangan di sekeliling tangganya yg indah,dikelilingi pegunungan dan hamparan sawah yg luas,tapi karena tangga tersebut adalah tangga ‘spesial’ dan hanya orang2 tertentu yang boleh lewat,dan untuk junior diharamkan untuk lewat tangga itu.Kalo sampe ada junior lewat tangga itu,ya gapapa sih,tapi habis itu musti siap2,karena para ‘malaikat maut’ akan datang dan memaksa junior itu bertandang ke neraka.Deeeehhhh,kalo pengen tau rasanya,Tanya aja junior yg pernah lewat tangga surga deh,sayah Alhamdulillah lum pernah..

Jumat Agung. Hari Jumat adalah hari yang suci khususnya untuk umat muslim,karena ada ibadah sholat Jumat.Namun Jumat bagi taruna ,berarti hari dimana taruna dianjurkan untuk memakai baju keluaran taun 45 alias baju tempur.Karena sebelum makan siang,para taruna,khususnya taruna junior akan dibuat sedemikian rupa sehingga pada waktu memasuki ruang makan menjadi sangat lapar(iya gtu,engga ah,malah jadi ga laper deh kayaknya).Karena,ga ada sejarahnya makan di ruang makan taruna ada sisanya.Yah,kalo nyisa sih gapapa,paling juga gelasnya mayor dibalik(well,ada yg ga tau artinya?..).

PDLT

. Kepanjangannya apa ya,saya lupa?? PDLT yaitu suatu pakaian taruna lengkap,baju dinas lapangan lengkap kopel dan sepatu lars hitamnya,ransel yang sebenarnya bikin aura gagah sih,tapi ga tau kenapa,jatohnya berantakan banget kalo sayah yang pake ; (,plus pelengkapnya helm penyempit pembuluh darah otak (sadis kan?) .Helm ini juga yg bertanggung jawab krn sampe sekarang kalo sayah jalan kepala sayah selalu goyang2 : (.Pakaian ini harus dipakai sebagai hukuman karena taruna telah melakukan suatu pelanggaran.Dalam hal ini pelanggaran saya waktu itu adalah tidur pada waktu pelajaran Hukum Pidana .Ga keren banget kan kesalahannya?? Yang jelas ada saat2 dimana sang pemakai PDLT bersama kawan-kawan yang lainnya diharuskan apel di depan patung Hanoman,setiap pagi.Percaya ga?kalo ga percaya,silakan ditanyakan pada bapak Kapolri,karena waktu itu beliau yang menjadi Kakortarsis taruna...

Ga kerasa, hampir 5 taun sudah lulus dari sana.Masing-masing alumni sudah berkarya di seluruh penjuru negeri.Mudah-mudahan ada saatnya nanti berkumpul dan mengenang masa itu kembali.Mengenang aja lho ya,mengulang lagi ga.Engga.Makasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar